Broadband

Sekarang ini banyak ISP yang mengembar gemborkan layanan internet broadband dan istilah ini harus kita pahami agar kita lebih tahu dan sok tahu. Nah mari kita yang pemula ini memahami secara sederhana arti dari broadband itu. Anda pemula ? saya juga pemula. Broadband merupakan dua gabungan kata antara broad yang artinya luas atau lebar dan band artinya regu, eh maaf katakanlah frekwensi atau pita sebuah koneksi, jika kedua kata itu digabung menjadi broadband maka bisa diartikan sebagai pita lebar atau jalur lebar yang merupakan sistem koneksi internet berkecepatan tinggi. Sistem pita lebar ini dianut menggunakan DSL ( Digital Scruber Line ) dan kabel modem, bukan modem model lama yang menggunakan batas atas 56 kbps alias modem konvensional. DSL secara umum adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan download dari DSL berkisar dari 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload lebih rendah dari download untuk ADSL dan sama cepat untuk SDSL. broadband mampu mentransfer data sebesar 512 kbps atau lebih, jika dibandingkan dengan koneksi sistem konvensional kabel telkom bisa 9 kali lebih. Namun pada dasarnya langganan yang 256 kbps pun juga bisa dikategorikan sebagai broadband.

Jalur pita lebar ini sering disebut sebagai internet kecepatan tinggi, biasanya memiliki aliran data yang tinggi, secara umum hubungan ke user dengan kecepatan 256 kbit atau 32 kB atau lebih, biasa disebut sebagai internet jalur lebar karena lebih cepat dalam sistem koneksinya. Jika anda menggunakan sistem koneksi konvesional maka membuka sebuah web yang komplek dibutuhkan waktu yang lama bahkan malah tidak terbuka di browser, sedangkan menggunakan jenis ini, membuka sebuah halaman web akan terasa cepat dalam hitungan detik.

Awalnya, dalam praktek jalur yang diiklankan belum tentu dipunyai oleh sebuah ISP, mengapa ? sebuah ISP mempunyai jumlah pelanggan yang lebih dari kapasitas dari ISP itu sendiri, pihak ISP menganggap bahwa tidak semua pelanggan melakukan akses yang pada waktu bersamaan, namun seiring berkembangnya penggunaan internet seperti hubungan peer to peer file sharing maka mau tak mau pihak ISP harus meningkatkan kecepatan internet lebih tinggi dan mempergunakan sistem broadband.

Jalur yang dipakai oleh pelanggan kian tahun kian meningkat maka pasar konsumen mengharapakan bahwa video on demand dapat disalurkan melalui media internet, tidak hanya melulu merupakan layanan bebasis web konvensional yang berupa teks saja. Maka sekarang kita bisa menikmati layanan video sharing atau menonton televisi secara online walau masih dalam kapasitas terbatas. Kecuali anda mendownloadnya lalu menontonnya, bukan konsep seperti ini namun lebih kepada langsung menjalankannya lewat browser.

Kemunculan 3G merupakan angin segar dari kita, 3G bisa dikategorikan sebagai broadband walau masih jauh dari harapan dengan kualitas video yang seadanya dan patah patah, dan ini diperbaiki dengan munculnya HSDPA ( High Speed Dowload Packet Acces ) yang mempunyai kecepatan lebih dari 1 Mbps dibanding 3G yang hanya mentok di 384 kbps. Sehingga kita bisa menyaksikan sebuah video di youtube.com tanpa mengalami tersendat-sendat.

Demikian pula dengan sistem koneksi yang menggunakan fiber optik atau serat optik, kabel fiber optik sendiri kemampuannya lebih cepat dibanding kabel tembaga milik Telkom, kabel fiber optik merupakan kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan berlipat lipat. Internet satelit juga merupakan salah satu dari broadband itu sendiri. Internet satelit adalah salah satu sistem koneksi yang mahal, namun dewasa ini telah digunakan oleh sebuah warnet yang jauh dari jangkuan beberapa ISP.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: