Komponen Spesifikasi Komputer

Komputer adalah sebuah peralatan elektronik yang beroperasi di bawah kontrol  instruksi   yang   disimpan   di  dalam    memorinya,   yang  dapat menyimpan data, memanipulasi data menurut aturan yang ditentukan, memberikan hasil dan menyimpan hasil untuk keperluan mendatang.

*Komponen yang termuat di dalamnya:

1. Input Divice
Adalah   komponen   hardware    yang   mengijinkan     pengguna   untuk
memasukan data atau instruksi (program, command, respon user) ke
dalam sebuah komputer.
Yang temasuk dalam input divice adalah:

a. Keyboard, adalah peralatan input yang berisi tombol yang user tekan untuk memasukan data ke dalam komputer.

b. Pointing device, terdiri atas:

  1. Mouse, adalah sebuah peralatan pointing yang ukurannya sebesar telapak tangan anda sehingga cocok untuk dioperasikan dengan tangan anda.
  2. Trackball,   adalah  peralatan    pointing   tetap  dengan   bola  pada permukaannya.
  3. Pointing   stick,   adalah    peralatan    pointing    yang   sensitive terhadap   tekanan  yang   letaknya   ada   pada   tombol-tombol   pada keyboard.
  4. Touchpad, adalah peralatan pointing yang bentuknya kotak, kecil,dan datar yang sensitive terhadap tekanan dan gerakan. Biasanya touchpad ada pada notebook.
  5. Joystick, adalah peralatan pointing yang berbentuk tuas yangdioperasikan berdasarkan arah gerakan yang diinginkan.
  6. Light pen, adalah input yang dapat mendeteksi keberadaan cahaya. Alat  ini   hanya  digunakan    pada  layar    khusus.  Sang   pengguna memilih objek dengan cara mengaktifkan light pen pada layar.
  7. Stylus   pen,   adalah   peralatan   input    berbentuk   bolpen   yang menggunakan tekanan untuk memilih objek pada layar. Alat input ini   biasanya   digunakan   dengan    graphic  table    dan   software handwriting recognition software sehingga alat input ini cocok digunakan untuk menulis tangan atau menggambar.
  8. Touch screen, adalah layar yang peka terhadap tekanan. Dengan layar ini, pengguna memilih objek dengan cara memilih langsung dengan jari atau sebuah stylus. Biasanya, touch screen digunakan untuk kios informasi pada hotel, museum, restoran, atau PDA dan tablet PC.

c.  Voice   input,adalah  proses   untuk   memasukan   data  dengan   cara berbicara melalui alat input khusus untuk suara. Contohnya: tape, CD/DVD player, radio, MIDI, microphone

d. Input gambar, terdiri atas:

  1. Digital camera, merupakan peralatan yang mengijinkan pengguna untuk   mengambil   gambar   dan   menyimpan   gambar    dalam   bentuk digital.
  2. Optical character recognition, adalah teknologi yang melibatkan pembacaan   hasil   tertulis,   hasil   print,   atau   karakter   yang tertulis dari sebuah computer dari dokumen biasa dan mengubahnya ke  dalam   bentuk   yang  computer   mampu   proses.   Teknologi   ini biasanya digunakan untuk dokumen tagihan.
  3. Optical mark recognition, adalah teknologi yang membaca tanda hasil   buatan   tangan   seperti    lingkaran   kecil    atau   kotak. Teknologi ini biasanya digunakan untuk pengisian tes, survey, atau kuesioner.
  4. Scanner, merupakan alat input dengan cahaya yang membaca grafik dan teks tercetak dan kemudian merubah hasilnya ke dalam bentuk yang computer mampu proses.
  5. Barcode reader, merupakan peralatan optic yang menggunakan laser untuk membaca barcode. Barcode adalah kode identifikasi yang berisi   kumpulan  garis   vertical   dan  spasi   dengan   lebar  yang berbeda.    Barcode     biasanya    merepresentasikan      data    yang mengidentifikasikan   perusahaan   dan  benda  tersebut.   Biasanya barcode digunakan pada kemasan produk.
  6. MICR reader, adalah alat yang dapat membaca teks tertulis dengan tinta magnetis. Teknologi ini biasanya digunakan pada cek.

e. Video input, adalah proses untuk mengambil gambar bergerak secara penuh ke dalam sebuah computer dan menyimpan mereka ke dalam sebuah harddisk/DVD. Inovasi teknologi input, sbb: point-of sale terminals, automated teller machines, smart display, biometric input, dan input untuk orang cacat.

 

2. Output Divice
Adalah komponen/peralatan tambahan dari computer yang digunakan untuk menampilkan output. Output adalah data yang diproses menjadi bentuk yang berguna. Output dapat berupa teks, grafik,audio, dan video. Yang termasuk dalam output divice adalah:

a. Display divice, terdiiri atas:

  1. CRT Monitor, adalah monitor desktop yang mirip dengan televisi standar karena monitor ini berisi CRT (Cathode Ray Tube).
  2. Flat-Panel Display, merupakan peralatan display dengan ketebalan yang   tipis  tanpa   menggunakan   teknologi   CRT.  Secara umum dibedakan menjadi 2, yaitu: monitor plasma dan monitor LCD.

b. Peralatan cetak, terdiri atas:

  1. Dot-matrix Printer, merupakan printer yang menghasilkan gambar ketika pin kecil dari head printer menabrak pita tinta.
  2. Inkjet Printer, merupakan printer yang mencetak karakter dan gambar   dengan  menyemprotkan   titik–titik   tinta   ke  selembar kertas.
  3. Label  Printer,  merupakan  printer   kecil  yang  digunakan   untuk mencetak pada isolasi/benda semacamnya.
  4. Laser   Printer,  merupakan   printer   berkecepatan    tinggi   dan berkualitas tinggi.
  5. Photo Printer, merupakan printer warna yang menghasilkan gambar dengan kualitas lab foto.
  6. Plotter,  merupakan   printer  yang  digunakan  untuk   menghasilkan gambar berkualitas tinggi, seperti blueprint, peta, dan circuit diagram.
  7. Large Format Printer, merupakan printer yang digunakan untuk menciptakan gambar dengan warna foto realistik, seperti poster,rambu, dan proyek serupa.

c. Peralatan suara, terdiri atas:

  1. Speaker,   biasanya  digunakan   untuk  menghasilkan  suara   dengan kualitas yang tinggi. Pada speaker, anda dapat mengatur tone,volume, bass, untuk mendapatkan kualitas suara yang diinginkan.
  2. Headset, merupakan output device yang menghasilkan suara dari computer untuk individu pemakainya.
  3. Inovasi teknologi output, sbb: mesin fax, peralatan multifungsi, proyektor, dan Force feedback pada joystick dan setir.

3. Storage Divice
Adalah hardware computer yang merekam atau mengambil data dari atau  ke  media storage.   Media  storage   adalah materi   fisik  tempat computer menyimpan data, instruksi, dan informasi. Kapasitas adalah jumlah byte yang dapat disimpan oleh sebuah storage. Yang termasuk dalam storage divice adalah:

a. Primer
Memory   atau   RAM  menyimpan   data   yang  akan   diartikan   dan
dieksekusi dengan prosesor. Memori terbagi atas 2 macam, yaitu:

  1. Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak    dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan      yang   ada   di  unit   sistem   dan  perintah  untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak   ada   aliran    listrik.   Sekarang    ini  ROM   telah  mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya:
  • PROM (Programable RROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
  • RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
  • EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus   dan   program    kembali,    tapi   cara   penghapusannya   dengan menggunakan sinar ultraviolet.
  • EEPROM   (Electrically      Erasable    Program   ROM),   perkembangan mutakhir    dari   ROM   dimana   kita   dapat   mengubah   dan  menghapus program    ROM   dengan   menggunakan     teknik   elektrik.   EEPROM  ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.

2. Random Access Memori (RAM), adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah   untuk    sementara    waktu    (power   on)   jika   komputer  kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.

b. Sekunder, terdiri atas:

  1. Harddisk menyimpan system operasi, software aplikasi, data user, dan   informasi.     Harddisk    merupakan  peralatan    penyimpan  yang berisi satu atau lebih platter berbentuk lingkaran dan tidak fleksibel yang menyimpan data, instruksi dan informasi.
  2. CD/DVD menyimpan software, backup, film maupun music. CD/DVD merupakan tipe media storage optikal yang terdiri dari disk portable berbentuk lingkaran dan datar yang terbuat dari metal, plastic, atau lacquer.
  3. Mobile    storage     menyimpan    gambar    digital    atau   file  untuk dipindahkan.
  4. Tape menyimpan backup data. Tape adalah pita plastic berlapiskan magnet yang mampu menyimpan data dan informasi dalam jumlah banyak pada harga yang rendah.
  5. Floppy disk menyimpan file kecil untuk dipindahkan. Floppy disk merupakan media penyimpanan yang portable dan tidak mahal yang terdiri   dari   plastic   yang    tipis   berbentuk   lingkaran   dan fleksibel dengan bentuk kotak.
  6. ZIP disk merupakan media magnetic portable yang dapat menyimpan dari 100 MB hingga 750 MB data.
  7. Smart card adalah media penyimpanan yang mirip dengan kartu ATM dan dapat menyimpan data pada sebuah microprocessor tipis yang ditanamkan dalam sebuah kartu.
  8. USB merupakan alat penyimpan storage yang dapat digunakan dengan cara   memasukkannya   ke   port  USB   pada   sebuah  computer   atau portable device.

4. System Unit
Adalah   sebuah   kotak   yang   berisi   komponen   elektronik   dari
computer yang digunakan untuk memproses data.
Yang termasuk dalam bagian system unit adalah, sbb:

a. Motherboard, adalah main circuit board dari system unit. Bagian penting   dari   motherboard   adalah    Processor   Slot,   Memory   Slot, Expansion Slot.

b. Processor, adalah komponen yang berfungsi untuk mengartikan dan melakukan instruksi dasar operasi sebuah computer. Processor terdiri dari 2 bagian utama, yaitu:

  1. Control   Unit  (CU),   merupakan   komponen   utama  processor   yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input divice sampai output divice.
  2. Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari processor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang, dll) serta data logika (perbandingan).

c. Memory, merupakan komponen elektronik yang menyimpan instruksi sambil menunggu untuk dieksekusi prosesor, data yang dibutuhkan oleh instruksi tersebut, dan hasil dari data yang sudah diproses.

d. Expansion   slot,   adalah   socket   pada   motherboard    yang   dapat bekerjasama dengan adapter card. Adapter card adalah circuit board yang meningkatkan fungsi dari sebuah komponen pada system unit atau menyediakan   koneksi   ke  komponen   atau   peralatan    lain.  Slot   pada komputer terdiri atas:

  1. ISA/PCI: slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis.
  2. AGP/PCI Express: slot untuk masukan kartu tambahan grafis.
  3. IDE/SCSI/SATA: slot untuk harddrive/ODD.
  4. USB: slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya   perangkat   yang   dapat   dihubungkan    ke   komputer   dan langsung dapat digunakan).

e. Port, adalah area pada computer yang digunakan untuk menghubungkan peralatan    dengan   system    unit   agar   peralatan     tersebut    dapat mengirim/menerima data dan informasi dari computer.

f. Power  supply,   adalah  komponen system unit  yang mengubah arus listrik AC menjadi DC.

5. Communication Divice
Adalah tipe hardware yang mampu mentransmisi data, instruksi, dan informasi antar alat pengirim dan penerima. Yang termasuk dalam communication divice adalah:

a.  Modem, adalah    alat yang    mengubah  sinyal   agar   dapat melakukan transmisi data/ informasi melalui jaringan telepon. jenis-jenisnya adalah, sebagai berikut:

  1. Dial-up modem, merupakan modem yang digunakan untuk berhubungan dengan jaringan dial-up (jaringan telepon analog).
  2. Cable modem, merupakan modem digital yang mengirim dan menerima data digital pada jaringan televisi kabel.
  3. ISDN/DSL modem, merupakan modem yang digunakan untuk berhubungan dengan jaringan ISDN/DSL (jaringan telepon digital).
  4. Network  card,   adalah   adapter   card/compact   flash   card   yang memampukan   computer/    peralatan   untuk   mengakses   ke   sebuah jaringan.

b.   Wireless    Access   Point,    adalah   peralatan   komunikasi     yang mengijinkan   computer  dan   peralatan   untuk mentransfer   data   secara nirkabel di antara peralatan/computer itu sendiri atau ke jaringan kabel.

Semoga tulisan ini bermanfaat…

🙂🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: